Tampilan Mengenai Situs e-government ;)

Standar

 

 

  1. Nama Alamat Internet :

               http//www.baliprov.go.id

  1. Nama Government :

                Pemerintah Provinsi Bali

  1. Content yang di tampilkan :

  1. Halaman Depan

  2. Sekilas Bali

  • Agama, Adat, dan Budaya

Rata-rata atau mayoritas penduduk Bali menganut agama Hindu yang memuja banyak Tuhan. Masyarakat Hindu menyebut Tuhan dengan berbagai nama yang dituju namun tetaplah satu, Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa, yang disebut Tri Murti, kendati terpilah tiga, namun terkait satu jua sebagai proses lahir-hidup-mati atau utpeti-stiti-pralina. Dewata Nawa Sanga sebagai sembilan Dewata yang menempati delapan arah mata angin dan satu di tengah kendati terpilah sembilan lalu menjadi sebelas tatkala terpadu dengan lapis ruang ke arah vertikal bawah-atas-tengah atau bhur-bwah-swah, adalah satu jua sebagai kekuatan Tuhan dalam menjaga keseimbangan alam semesta. Demikian pula halnya dengan nama dan sebutan lain yang dimaksudkan secara khusus memberikan gelar atas ke-Mahakuasa-an Tuhan.

  • Bali dan Pariwisata

Sejak penguasaan oleh Belanda, Bali seolah dibuka lebar untuk kunjungan orang asing. Bali tidak saja kedatangan orang asing sebagai pelancong namun tak sedikit para pemerhati dan penekun budaya yang datang untuk mencatat keunikan seni budaya Bali. Dari para penekun budaya yang terdiri dari sastrawan, penulis, dan pelukis inilah keunikan Bali kian menyebar di dunia internasional. Penyampaian informasi melalui berbagai media oleh orang asing ternyata mampu menarik minat pelancong untuk mengunjungi Bali. Kekaguman akan tanah Bali lalu menggugah minat orang asing memberi gelar kepada Bali. The Island of Gods, The Island of Paradise, The Island of Thousand Temples, The Morning of the World, dan berbagai nama pujian lainnya.

Tahun 1930, di jantung kota Denpasar dibangun sebuah hotel untuk menampung kedatangan wisatawan ketika itu. Bali Hotel, sebuah bangunan bergaya arsitektur kolonial, menjadi tonggak sejarah kepariwisataan Bali yang hingga kini bangunan tersebut masih kokoh dalam langgam aslinya. Tidak hanya menerima kunjungan wisatawan, duta kesenian Bali dari Desa Peliatan melakukan kunjungan budaya ke beberapa negara di kawasan Eropa dan Amerika secara tidak langsung, kunjungan tersebut sekaligus memperkenalkan keberadaan Bali sebagai daerah tujuan wisata yang layak dikunjungi.

C. Pemerintahan

  1. Struktur Organisasi

  2. Visi dan Misi

Visi yang hendak dicapai dalam periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Bali adalah BALI MANDARA yakni “Terwujudnya Bali yang Maju, Aman, Damai dan Sejahtera”. Dengan memperhatikan Visi tersebut serta memperhatikan perubahan paradigma dan kondisi yang akan dihadapi pada masa yang akan datang, diharapkan Bali tetap eksis dalam menghadapi gempuran pengaruh global sebagai akibat dari perkembangan pariwisata di Bali.

D. Instansi

  1. Bappeda

Yaitu mencakup Program Kerja, Tugas Pokok dan Fungsi, Keuangan, Kebijakan Daerah dan Produk Hukum, Kelembagaan dan Pegawai.

  1. Dinas- Dinas

Terdiri dari kebudayaan, kehutanan, kelautan dan perikanan, kesehtan, pariwisata, pekerjaaan umum, pendidikan pemuda dan Olahraga, Perkebunan.

  1. Inspektorat

Terdiri dari Program Kerja, Landasan Hukum, Tugas Pokok dan Fungsi, Peraturan Kebijakan, Staff dan Petugas.

  1. Lembaga Lain

Terdiri dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah, Pelaksana Harian Badan Narkotika.

E. Sistem Informasi

  1. Bedah Rumah

  2. Perizinan

  3. Simantri

  4. Siskum

  1. Informasi Situs, yaitu mencakup

  1. Forum

  2. Peta Situs

  1. Halaman Depan

  2. Sekilas Bali

  1. Pemerintah

  1. Instansi

  1. Regulasi

  1. Informasi Situs

  1. Informasi

  1. Berita Terkini

  2. Kalender Informasi

  3. Info Masyarakat

  4. Statistik

  5. Kritik dan Saran

  6. Photo Galery

  7. Jejak Pendapat

  8. Arsip Berita

  9. Berita Populer

  10. Help Desk

  11. Keluhan Masyarakat

  1. Web Mail

  1. Berita Yang Ditonjolkan

  1. Gubernur Lepas Calon Haji

Gubernur Bali Made Mangku Pastika secara resmi melepas keberangkatan 739 orang Calon Jemaah Haji Provinsi Bali 1432 H ke Tanah Suci Mekah di Aula Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, Kamis (20/10). Para calon jemaah haji tersebut direncanakan berangkat mulai 28 Oktober mendatang dan terbagi menjadi tiga kloter.

Pelepasan langsung oleh Gubernur merupakan wujud perhatian pemerintah terhadap seluruh umat beragama yang hidup rukun secara berdampingan di Provinsi Bali. Gubernur Mangku Pastika dalam sambutannya memberi dorongan moril kepada para calon jemaah haji. “Saya merasa berbahagia dan turut memberikan dorongan moril kepada saudara-saudara para calon jemaah haji yang telah jauh-jauh hari mempersiapkan diri, baik kesehatan maupun bekal keteguhan iman dan taqwa, melalui pendalaman ajaran-ajaran agama dalam kitab suci Al’Quran”, paparnya.

  1. Gubernur Dorong Peran PKK Entaskan Kemiskinan

PKK Provinsi Bali dinilai telah berbuat nyata dalam upaya mendukung program peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama berperan serta dalam pengentasan kemiskinan melalui penanganan masalah pendidikan, kesehatan, dan peningkatan keterampilan kerja masyarakat. Penilaian itu disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat membuka  Pencanangan Kegiatan Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Provinsi Bali Tahun 2011 yang dirangkai dengan Pembukaan Posyandu Paripurna Balita dan Lansia di Gedung Kesenian Jembrana, Selasa (18/10) pagi.

Dalam konteks implementasi visi “Bali Mandara”, Gubernur melihat PKK Provinsi Bali yang dikoordinasikan oleh Tim Penggeraknya telah mampu menjabarkannya ke dalam program nyata yang terarah, berorientasi ke depan, serta bermanfaat bagi masyarakat di seluruh kabupaten/kota se-Bali. Ke depannya, gerakan PKK sebagai wadah aktivitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga diminta mampu merancang program yang lebih responsif dengan melihat tantangan, peluang dan harapan yang ada.

Pada kesempatan ini, Gubernur didampingi Ketua TP-PKK Ny. Ayu Pastika, Bupati Jembrana I Putu Artha dan Wabup Jembrana I Made Kembang Hartawan meninjau pameran hasil produk lokal dan bersama-sama mengajak anak-anak mencuci tangan sebagai kampanye gaya hidup sehat.

Acara yang dihadiri pula oleh perwakilan TP-PKK di seluruh Bali ini ditandai pula dengan penyerahan secara simbolis bahan makanan tambahan kepada lansia dan penyuapan makanan kepada anak balita. Dalam sambutannya, Ny Ayu Pastika mengatakan, pemberian bahan makanan tambahan kepada lansia dan balita dilakukan secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota di Bali.

  1. Pendapat

  1. Informasi

Informasi yang disampaikan tidak adanya penjelasan dan informasi tentang Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, tidak adanya penjelasan dan gambar mengenai tempat pariwisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Selain itu informasi yang dijelaskan dalam E-Government sangat menarik dan berita yang disajikan dalam E-Government sangat uptodate untuk kita ketahui tentang apa saja yang terjadi di Bali.

  1. Tampilan

Tampilan yang di Websitenya kurang menarik karena di dalam penjelasannya kurang banyak gambar di bagian pariwisata tempat pariwisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

  1. Link URL Lain

Link URL lain tidak ada di alamat website tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s